Proses Pembuatan Kompos Cair dari Sampah Organik

Hallo! Kali ini saya akan membagikan proses pembuatan kompos cair dari sampah organik. Belum banyak yang tahu bahwa kompos cair sebenarnya lebih unggul dibandingkan kompos kimia
Kompos cair jauh lebih ramah linkungan ketika digunakan ketimbang kompos kimia. Karena kompos cair terbuat dari bahan alamai yang tidak akan merusak tanaman. 

Proses Pembuatan Kompos Cair

Karena bahan pembuatannya yang berupa sampah organik mudah didapat. Anda bisa membuat kompos cair sendiri dirumah. Berikut ini proses pembuatan kompos cair dari sampah organik :
  1. Semua bahan-bahan organik dicincang kecil-kecil. Jika ingin lebih praktis anda dapat menggunakan mesin pencacah kompos. Proses ini bertujuan untuk mempercepat proses fermentasi.
  2. Semua bahan organik tadi (15 kg hijauan dan 10 kg kotoran ayam) dimasukkan ke dalam ember dengan perbandingan 2 bagian bahan organik berbanding 1 bagian air.
  3. Selanjutnya, aduk-aduk seluruh bahan hingga merata.
  4. 100 g gula merah dan 50 ml bioaktivator EM4 dilarutkan dalam 5 liter air, lalu aduk hingga merata.
  5. Larutan bioktivator ditambahkan ke dalam ember yang sudah berisi bahan baku kompos organik cair.
  6. Kemudian ember ditutup dengan rapat (tidak boleh ada celah sedikitpun) setiap dua hari sekali harus dibuka dan diaduk untuk mengeluarkan gas selama proses fermentasi agar suhunya dapat terjaga (cara ideal yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan selang aerator). Lalu tutup kembali ember tersebut hingga rapat.
  7. Setelah 14 hari (2minggu) larutan kompos organik cairnya disaring. Bagian cair dapat anda gunakan sebagai pupuk organik cair dan bagian yang kasar dapat anda gunakan untuk kompos organik padat.
  8. kompos organik cair dapat digunakan pada tanaman yang anda miliki.
Perlu diingat, penggunaan kompos organik cair pada tanaman tidak boleh terlalu banyak, cukup gunakan dengan jumlah yang normal secara rutin.

Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai kompos organik salah satunya dengan membaca artikel Proses Pembuatan Kompos dari Sampah Organik yang Simpel dan Praktis

Sekian dulu pembahasan saya mengenai proses pembuatan kompos cair dari sampah organik. Semoga bermanfaat bagi anda.
Selamat mencoba!


Related Posts