Cara Membuat Kompos Organik dari Kotoran Kambing

Hallo! Kali ini saya akan membagikan cara membuat kompos organik dari kotoran kambing. Cari ini sangat cocok bagi anda yang sedang membutuhkan kompos untuk berkebun maupun bercocok tanam.

Cara Membuat Kompos Organik dari Kotoran Kambing

Dalam proses pengolahan kotoran kambing menjadi kompos organik kita juga membutuhkan bahan tambahan lain, Untuk bahan-bahan campurnya hampir mirip dengan bahan tambahan pada prose pembuatan kompos dari sampah rumah tangga, hanya ada  beberapa penambahan pada bahan bakunya. 

Okey langsung saja kita siapkan peralatan dan juga bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat kompos dari kotoran kambing.

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Sekop atau cangkul
  • Sarung tangan karet 
  • Terpal/banner/plastik besar yang akan digunakan sebagai penutup
  • Wadah besar sebagai tepat untuk bahan kompos

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 100 kg kotoran kambing  
  • 10 kg serbuk kayu
  • 5 kg abu sisa
  • 5 kg kapur/gamping
  • ¼ kg biostarter stardec, pupuk urea, dan pupuk SP-36
  • Air secukupnya.

Langkah-langkah Pembuatan Kompos Organik dari Kotoran Kambing

  1. Pertama, bagilah setiap bahan kompos menjadi 5 – 8 bagian untuk memudahkan proses pembuatan dan memperbaiki kualitas dari kompos organik.
  2. Selanjutnya, Buatlah lapisan kotoran kambing dengan ketebalan 25 – 30 cm, kemudian dilanjutkan dengan lapisan dari biostarterm serbuk kayu dan kapur gamping masing-masing satu bagian.
  3. Setelah semua lapisan bahan kompos sudah tersusun siram dengan air secukupnya. Air ini bertujuan hanya untuk melembabkan sehingga pemberian air tidak boleh terlalu banyak juga tidak terlalu kering. Anda juga bisa menggati air ini dengan Rumino Basillus (RB) yang di semprotkan pada setiap lapisan bahan kompos. Dalam sebuah penelitian Rumino Basillus (RB) terbukti bisa meningkatkan produktivitas tanaman.
  4. Setelah di siram, ulangi langkah ke 4 dan 5 sehingga semua bahan habis.
  5. Setelah itu tutup bahan kompos organik agar tidak terkena sinar matahari langsung ataupun air hujan.
  6. Setiap 7 hari kompos organik yang setengah jadi harus dibuka untuk diaduk dan disemprot dengan air agar kelembabannya terjaga serta proses pembusukan bahan kompos merata.
  7. Setelah 5 – 6 minggu kompos organik dari kotoran kambing telah siap digunakan dan dikemas (jika anda hendak memasarkannya). Kompos yang sudah jadi ini memiliki ciri seperti berwarna lebih gelap, tidak memiliki aroma yang terlalu menyengat, dan terasa gembur ketika dipegang.
Cara mengubah kotoran kambing menjadi kompos organik ini dapat menjadi sebuah peluang bisnis, jika  anda tekun dan membuat sesuai dengan perbandingan yang pas maka bukan tidak mungkin menghasilkan kompos organik yang berkualitas.

Sekian dulu pembahasan saya mengenai cara membuat kompos dari kotoran kambing. Semoga bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Membuat Kompos Organik dari Kotoran Kambing"

Posting Komentar